A. Pengertian perdagangan dan perdagangan antardaerah/antarpulau
Perdagangan atau perniagaan merupakan kegiatan tukar menukar
barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama tanpa ada unsur pemaksaan.
Perdagangan antardaerah atau antarpulau merupakan per dagangan yang dilakukan
oleh penduduk/lembaga suatu daerah atau pulau dengan penduduk/lembaga suatu
daerah atau pulau lain dalam satu batas wilayah negara atas dasar kesepakatan
bersama.
B. Tujuan perdagangan antarpulau
1. Memperoleh keuntungan
Tujuan utama dilakukan perdagangan adalah untuk memperoleh
keuntungan. Keuntungan diperoleh dari selisih antara harga beli dan harga jual.
Jika barang diproduksi sendiri, maka keuntungan diperoleh dari selisih antara
harga jual dan biaya produksi.
2. Memperluas jangkauan pasar
Perdagangan sampai ke luar
daerah atau luar pulau dapat mem perluas jangkauan pasar. Jangkauan pasar yang
dimaksud adalah, konsumen yang mengonsumsi barang tersebut semakin banyak dan
tersebar di berbagai daerah. Misalnya produk minyak gosok tradisional dari
daerah X dijual di daerah Y. Maka sekarang pengguna minyak gosok tersebut bukan
hanya penduduk daerah X, akan tetapi juga penduduk daerah Y. Semakin lama,
minyak gosok semakin dikenal banyak orang, sehingga pengguna minyak gosok
tradisional di daerah Y pun juga meningkat.
C. Faktor Pendorong dan manfaat perdagangan antarpulau
Faktor Pendorong
1. Perbedaan faktor produksi yang dimiliki
Perbedaan faktor produksi antara daerah satu dan yang lain
mendorong perdagangan antarpulau. Contohnya, Kalimantan sebagai daerah
penghasil akan mendorong perdagangan dengan wilayah Jakarta yang minim hasil
kayu untuk bahan baku industry mebel.
2. Perbedaan tingkat harga antar daerah
Perbedaan tingkat harga antardaerah juga mendorong
terciptanya perdagangan antardaerah. Sebagai contoh di daerah yang kaya akan
buah durian, harga durian lebih murah dari daerah lain yang sedikit memiliki
pohon penghasil durian. Hal ini akan mendorong adanya perdagangan antardaerah.
Manfaat perdagangan antarpulau
1. Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan konsumen
Perbedaan kandungan alam dam produk antardaerah akan
menyebabkan perbedaan hasil produknya. Adanya perdagangan antardaerah atau
antarpulau, konsumen dapat menikmati produk yang tidak diproduksi di tempat
tinggalnya.
2. Meningkatkan produktivitas konsumen
Meluasnya pemasaran produk akan menyebabkan permintaan atau
pemesanan produk meningkat. Hal ini akan mendorong produsen untuk meningkatkan
produksi sehingga meningkatkan produktivitas produsen
3. Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat
Peningkatan jumlah barang yang diproduksi dalam jumlah besar
akan menyebabkan produsen butuh tenaga kerja tambahan, sehingga akan ada
lowongan kerja tambahan. Selain itu, perdagangan lintas daerah juga akan
memunculkan unit-unit usaha baru seperti jasa kirim, perluasan transportasi,
dsb.
Contoh perdagangan antarpulau &antardaerah di Indonesia
3. Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur memiliki banyak kebun penghasil sawit yang menjadi bahan utama minyak goreng dan berbagai kebutuhan lainnya. Pengusaha di Pulau Sulawesi yang minim kebun sawit akan membeli produk sawit atau olahan sawit dari Pulau Kalimantan untuk memenuhi kebutuhan warga Sulawesi

Tidak ada komentar:
Posting Komentar